Survei Integritas Publik KPK

10 Departemen dan Unit Pelayanan Terbaik

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi meluncurkan hasil survei integritas publik. Perum Pegadaian menempati peringkat tertinggi atau memperoleh nilai di atas rata-rata.

Survei ini diumumkan Wakil Ketua Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi, M Jasin, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 4 Februari 2009.

Dari hasil survei terungkap, Perum Pegadaian menempati peringkat pertama departemen atau instansi yang memberikan manfaat terbaik. Posisi kedua ditempati PT Pos Indonesia, diikuti PT Taspen, Departemen Kesehatan, Departemen Koperasi dan UKM, Badan Pengawasan Obat dan Makanan, PT Pelni, PT Pertamina, Departemen Luar Negeri, dan PT Sucofindo.

Selain itu, 10 unit pelayanan terbaik yakni Unit Pegadaian Barang di Perum Pegadaian. Setelah itu diikuti Unit Pengambilan Uang Pensiun di PT Pos Indonesia, Unit Pinjaman Permodalan UKM (Departemen Koperasi dan UKM), Unit Asuransi Pensiun (PT Taspen), Unit Izin atau Akreditasi Perguruan Tinggi Swasta (Depdiknas), dan Unit Izin Pengembangan Usaha Perikanan (Departemen Kelautan dan Perikanan).

Selain itu, Unit Pendidikan Balai Latihan Kerja (Depnakertrans), Unit Izin Rumah Obat (Departemen Kesehatan), Unit Pendaftaran Usaha Waralaba (Departemen Perdagangan), dan Unit Teknis Pengujian dan Kalibrasi (Departemen Perindustrian).

Survei dilakukan terhadap 105 unit pelayanan yang terdapat di 35 departemen atau instansi. Dari 105 unit, komisi menilai hanya 84 unit pelayanan yang menjadi perhatian karena bersentuhan langsung dan berdampak bagi masyarakat.

Dari survei yang dilakukan, rata-rata skor integritas sektor publik di tingkat pusat adalah 6,84. Sedangkan rata-rata nilai integritas sektor publik di 52 kabupaten di 20 Provinsi adalah 6,69.

Juventus Juara Coppa Italia, Allegri: Ini Adalah Pembuktian

Penilaian survei didasarkan pada persepsi korupsi dan corruption experienced.

Viral petugas bandara jatuh dari pesawat.

Viral Petugas Jatuh dari Pintu Pesawat, TransNusa Sebut Ada Miskomunikasi

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan rekaman seorang petugas bandara terjatuh dari pesawat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024